Langsung ke konten utama

Hukum Islam untuk KB




HUKUM: MENUTUP RAHIM UNTUK MENCEGAH KEHAMILAN ﷽ Menutup atau mencegah kehamilan secara total ataupun dengan diangkat rahimnya agar tidak hamil lagi selama-lamanya maka ini tidak ada khilaf tentang Keharamannya. Atau dia tidak mau hamil, khawatir takut anaknya kelak akan makan bersamanya, takut sempit rezekinya atau dia takut miskin, maka perbuatan ini jelas di haramkan, karena dia telah berburuk sangka kepada Allah ta’la, padahal Allah yang memberikan rezeki kepada mereka. Allah ta’la berfirman: وَلَاتَقْتُلُوْا أَوْلادَكُمْ خَشْيَةَ إِمْلاَقٍ نَحْنُ نَرْزُقُهُمْ وَإيّاكُمْ “Janganlah kamu membunuh anak- anakmu karena takut miskin, kamilah yang memberi rizki kepada mereka dan kepada kalian.” (Qs.Al Isra : 31) Namun jika kehamilan itu bisa menyebabkan dia resikonya meninggal atau yang semisalnya, maka tidak mengapa ia menutup rahim atau mengangkatnya agar tidak hamil untuk selama-lamanya, dan ini dilakukan hanya dalam kondisi darurat. Sebagaimana kaedah fiqih menyatakan الضرورة تبيح المحظورات Kondisi Darurat atau terpaksa membolehkan hal-hal yang dilarang (yang semula diharamkan). Adapun mencegah atau menutup sementara, baik itu dengan spiral, pil anti hamil dan lainnya untuk menjaga jarak kelahiran, maka hal ini sama hukumnya seperti ‘azl (Mengeluarkan sperma diluar farji istri) maka hukumnya adalah makruh. Dalam kitab Shahih Fiqih sunnah di sebutkan, Dari Jabir ,bahwasannya ada seseorang bertanya kepada Nabi ﷺ ,dia berkata: Sesungguhnya saya memiliki budak wanita ,dan saya berbuat ‘azl kepadanya, kemudian Rasulullah ﷺ bersabda : إنّ ذلك لن يمنع شيئا أراده الله “Sesungguhnya hal itu tidak bisa menolak apapun yang di kehendaki Allah.” (HR.Muslim no.1439) Dalam riwayat lain: اعزل إن شئتَ، فإنه سيأتيها ما قُدِّرَ له “Ber ‘azl lah jika kamu mau, karena sesungguhnya akan datang kepadanya, apa yang telah di tentukan oleh Allah ta’la untuknya.” Dan dari Jabir juga beliau berkata: كنا نعزل على عهد رسول الله ﷺ والقرآن ينزل Kami melakukan ‘azl pada zaman Nabi sementara Al Qur’an turun kala itu. (HR.Bukhari no.5208 dan Muslim no.1440). Dari dalil- dalil diatas menunjukkan bahwa melakukan ‘azl hukumnya makruh (Lihat Shahih Fiqih Sunnah 3/189-190) Kesimpulan: haram hukumnya mengangkat rahim menutup atau mencegah Hamil secara total, kecuali darurat yang dapat menyebabkan kehilangan nyawa atau yang semisalnya. Adapun jika anda telah melakukannya dan baru tau sekarang, maka bertaubatlah kepada Allah ta’la dan perbanyaklah istighfar kepada-Nya, sesungguh Dia Maha Pengampun lagi Maha Penerima Taubat. Adapun mencegah kehamilan sementara, untuk menjaga jarak kehamilan, maka hukumnya adalah makruh, dan lebih utama meninggalkannya, karena nabi ﷺ bangga dengan umatnya yang banyak , Nabi ﷺ bersabda : تزوجوا الودود الولود فإني مكاثر بكم الأمم “Nikahilah wanita- wanita yang penyayang dan subur (banyak keturunan) karena sesungguhnya aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.” (HR. Abu Daud no.2050 dan Nasai’ no 3227 dan yang lainnya) Allahu A’lam Sumber: Sesuaisunnah.com ▬▬▬▬ 🔖🔖 ▬▬▬▬ catatan : Haram : jika hanya karna faktor takut punya anak lagi. Boleh : jika darurat karena sakit & alasan medis misal sakit sehingga mengharuskannya steril demi keselamatan jiwanya. wallahua'lam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 JENIS PAKAIAN YAHUDI MASA KINI

ASSALAMUALAIKUM WR WB SAHABAT MUSLIM.!!!!!!!!!!    alhamdulillah kali ini kita akan membahas beberapa pakian yahudi masa kini yang sering kita pakai dan sering kita abaikan  terutama para wanita, sehingga moral para wanita muslim akan berpakian terlihat ringan tanpa menghiraukan syariat yang telah ditentukan oleh ALLAH SWT.. sebagaimana firman ALLAH SWT yang menegaskan kewajiban menutup aurat bagi para mukminin dan mukminat          Firman Allah swt dalam QS. An-Nur: 31 yang artinya: "katakanlah kepada wanita yang beriman : 'hendaklah mereka menahan panadangannya, dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka memperlihatkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra putra saudara laki laki mereka, atau putra putra saudara perempuan mereka, atau wanita wanita islam, atau budak budak yang mereka miliki, atau pelayan pelayan laki laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita ) atau anak anak yang belum

Wanita Sholehah yang taat dan sabar

 🌷🌸 PANTAS BILA JAMINANNYA SYURGA Ternyata.. Memilih diam saat suami angkat suara itu TIDAK MUDAH. Memilih patuh saat suami memberi keputusan itu TIDAK MUDAH. Memilih sabar saat suami banyak kekurangan itu TIDAK MUDAH. Memilih lembut saat suami angkat suara itu TIDAK MUDAH. Memilih setia saat suami diterpa ujian itu TIDAK MUDAH. Memilih tegar saat suami khilaf berlaku kasar itu TIDAK MUDAH. Memilih mendo'akan saat suami ada dalam kedzaliman itu TIDAK MUDAH. Memilih memaafkan saat suami ada dalam kesalahan itu TIDAK MUDAH. Memilih menenangkan daripada memenangkan saat suami mendebat itu TIDAK MUDAH. Memilih amanah saat suami menitipkan hartanya itu TIDAK MUDAH. Memilih menjaga kehormatan saat suami tidak ada di rumah itu TIDAK MUDAH. Maa syaa Allah.. Tahukah balasan keTIDAK MUDAHan itu semua, wahai wanita sholihah? Kalian adalah BIDADARI SYURGA. Keadaan wanita dunia beriman yang berada di surga lebih utama dari keadaan para bidadari surga.. Mereka lebih tinggi derajatnya dan lebih

ADAP BERPAKIAN

Adab Berpakaian   Adab Berpakaian Islam melarang umatnya berpakaian terlalu tipis atau ketat (sempit sehingga membentuk tubuhnya yang asli). Kendati pun fungsi utama (sebagai penutup aurat) telah dipenuhi, namun apabila pakaian tersebut dibuat secara ketat (sempit) maka hal itu dilarang oleh Islam. Demikian juga halnya pakaian yang terlalu tipis. Pakaian yang ketat akan menampilkan bentuk tubuh pemakainya, sedangkan pakaian yang terlalu tipis akan menampakkan warna kulit pemakainya. Kedua cara tersebut dilarang oleh Islam karena hanya akan menarik perhatian dan menggugah nafsu syahwat bagi lawan jenisnya. Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda: صِنْقَانِ مِنْ اَهْلِ النَّارِ لَمْ اَرَهُمَا قَوْمٌ سِيَاطٌ كَا الاَذْنَابِ الْبَقَرِ يَضْرِبُوْنَ بِهَا النَّاسَ . وَ نِسَاءٌ كَا سِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيْلاَتٌ رَؤَوْسَهُنَّ كَأَشْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلاَةِ لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ وَ لاَ يَخِذْ نَ رِيْحَهَا لَيُوْخَذُ مِنْ مَسِيْرَةِ كَذ